Dasar SEO yang wajib diketahui oleh pemula

seo-website-development-data-network-concept

Dasar SEO dimulai dari memahami Search Engine itu sendiri. Search Engine adalah platform teratas yang digunakan untuk menemukan merek, produk, layanan baru. Bagi kamu yang menginginkan website bisnis kamu untuk mudah ditemukan oleh orang banyak melalui Google, salah satu strategi yang dapat digunakan adalah menggunakan SEO. Berikut penjelasan dasar SEO  yang wajib diketahui oleh kamu yang akan menjalankannya.

On-page SEO

Dasar SEO yang pertama adalah SEO On-Page. SEO On-page mencakup optimasi halaman web kamu dan konten di dalamnya. Ini termasuk:

  • URL,​
  • Header,
  • Title tags
  • Image
  • Kata kunci: kata kunci utama adalah istilah yang dicari pelanggan saat mereka menelusuri apa yang kamu atau bisnis kamu tawarkan
  • Konten: website kamu harus menyediakan konten yang sesuai dengan search intent. Search intent adalah alasan mendasar mengapa seseorang mencari kata kunci tertentu​

Off-page SEO

Dasar SEO yang berikutnya adalah SEO Off Page. Apa yang terjadi di luar website kita seringkali sama pentingnya dengan apa yang terjadi di dalamnya. SEO off-page mengacu pada tindakan yang dilakukan di luar website kamu yang dapat berkontribusi pada peringkat.​ Kampanye SEO off-page meliputi:

  • Links
  • Social media
  • Reviews
  • Google My Business (GMB)
  • Directories
  • Videos
  • Forums
  • Guest blogging
  • Newsletters or emails 

Technical SEO

Pikirkan website kita seperti teater. Pekerjaan di belakang panggung adalah komponen SEO teknis.​ Tanpa kerja di balik layar ini, pertunjukan tidak akan berjalan.​ Untuk memastikan website kamu memiliki kesehatan teknis yang solid, pastikan untuk menjalankan audit SEO secara teratur​. Beberapa upaya di balik layar ini meliputi:​

  • Website architecture​
  • Sitemaps​
  • HTML, CSS, and JavaScript​
  • Crawlability​
  • Page speed​
  • Schema​

SEO lokal

SEO lokal penting jika kita memiliki lokasi atau toko fisik. Ketika pengguna mencari apa pun yang kita tawarkan, kita ingin bisnis kita muncul sebagai hasilnya. Mengoptimalkan pencarian lokal adalah cara terbaik untuk mewujudkannya. Ini memberitahu komunitas kita di mana kita berada dan bahwa kita dapat melayani mereka.

SEO lokal berguna saat pengguna yang mencari dari handphone saat bepergian. Siapa yang belum pernah menelusuri \”Mie ayam dekat saya\”? Tidak ada. Semua tempat mie ayam yang muncul kemungkinan berada di atas kampanye SEO lokal mereka.

\"Dasar
Google Local SEO Mie ayam terdekat

Metadata

Salah satu dasar SEO paling penting adalah metadata. Ini terdengar teknis, tapi jangan khawatir; metadata adalah judul halaman dan deskripsi meta yang menyertai setiap halaman website kita. Saat pengguna mencari sesuatu, dan hasilnya terisi, pengguna melihat hasil ini dalam daftar yang dimulai dengan judul besar dan tebal dan memiliki deskripsi singkat di bawahnya. Ini adalah metadata untuk halaman tertentu.

Ini adalah bagian penting dari SEO karena memberi tahu Google tentang halaman kita dan memberi sinyal jika halaman kita cocok untuk jawaban atas permintaan pengguna.

Pro Tips: Gunakan kata kunci utama di judul dan deskripsi!

User Experience

Kita telah membicarakan hal ini sedikit di atas, tetapi UX menjadi semakin relevan dengan Google, begitu juga dengan kita. Bagaimana kita memastikan bahwa kita menawarkan pengalaman terbaik kepada pengunjung kita?

  • Waktu muat halaman cepat
  • Optimalkan untuk seluler
  • Navigasi halaman yang mudah
  • Konten yang bagus
  • CTA (call-to-action) yang menonjol
  • Memberi pengguna apa yang mereka minta
  • Halaman yang mudah dibaca

Leave a Comment